Saturday, January 12, 2013

Tipe Kepribadian (Sanguis, Koleris, Melankolis dan Phlegmantis)


Ada 4 type kepribadian dari buku Personality Plus : Sanguinis, Koleris, Melankolis dan Phlegmatis. Sanguinis dan Koleris merupakan type kepribadian yang ekstrovert (terbuka, suka buka-bukaan), Sebaliknya Melankolis dan Phlegmatis merupakan type introvert (tertutup).


1. Seorang Sanguinis dalam Hindu ia menjalankan Bahktinya kepada Tuhan dengan jalan Bhakti Yoga. Ia tertarik dengan ritual yang bersifat besar dan meriah, ramai, nyanyian dan penuh kegembiraan.


2. Seorang Koleris dalam Hindu ia menjalankan Bahktinya kepada Tuhan dengan jalan Karma Yoga. Ia tertarik dengan mengorbankan kemampuan fisiknya dengan membangun tempat suci atau dengan cara menyumbang lebih banyak. Intinya adalah ia melakukan Bhaktinya dengan tindakan.


3. Seorang Melankolis dalam Hindu ia menjalankan Bahktinya kepada Tuhan dengan jalan Jnana Yoga. Ia adalah seorang seni dengan menekuni filsafat-filsafat dan menterjemahkan dalam karya-karya seni. Ia mengkolaborasikan antara seni dan filsafat, sehingga dari orang-orang ini munculah kreasi dalam bentuk lukisan dan patung-patung. Seorang Jnana Yoga akan merasa kurang dalam bahktinya tanpa ada sebuah nilai seni yang bisa dipersembahkannya.


4. Seorang Phlegmatis dalam Hindu ia menjalankan Bahktinya kepada Tuhan dengan jalan Raja Yoga. Dengan sifatnya yang sederhana ia akan memilih baktinya dengan cara menggunakan sarana ritual yang paling sederhana bahkan tanpa sarana sekalipun. Ia menyadari dalam Hindu tidak ada kata harus dan menyadari banyak jalan untuk mencapainya. Ia lebih mendalami kekuatan batinnya untuk berhubungan dengan Tuhan. Hindu mempunyai pilihan bebas dalam menghubungkan diri dengan Tuhan.

No comments:

Post a Comment